PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA INSTITUT PENDIDIKAN INDONESIA GARUT
- Sekilas Tentang Program Studi Pendidikan Fisika
Program Studi Pendidikan Fisika Institut Pendidikan Indonesia (IPI) Garut berdiri tahun 2018 melalui Surat Keputusan pendirian 55/M/KP/III/2018. Visi keilmuan dan Tujuan serta strategi PS dijelasakan sebagai berikut:
Visi Keilmuan PS
Menyelenggarakan pendidikan Fisika yang bermutu dan berdaya saing berlandaskan pada teori pembelajaran konstruktivisme berbasis implementasi teknologi dan berlandaskan pada karakter Berwirausaha
Tujuan PS
- Menghasilkan calon pendidik fisika yang bermutu, inovatif dan berdaya saing di tingkat SMP dan SMA sederajat.
- Menghasilkan calon pengembang media dan multimedia pembelajaran fisika dalam lingkup lokal maupun nasional.
- Menghasilkan calon Peneliti pemula di bidang Pendidikan Fisika dalam lingkup lokal dan nasional yang berorientasi pada implementasi teknologi dalam pembelajaran fisika.
- Menghasilkan entrepreneur yang menjalankan suatu bisnis khususnya dalam bidang pendidikan dengan tujuan untuk membantu kehidupan sosial dan memberikan dampak baik bagi masyarakat banyak.
Strategi Pencapaian Tujuan PS
- Meningkatkan kualitas calon lulusan mulai dari proses yang ketat dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru dan juga pada mahasiswa berstatus transfer.
- Meningkatkan pengembangan kompetensi dosen tetap program studi melalui seminar, workshop, dan lokakarya nasional maupun internasional.
- Memberikan pelatihan penggunaan teknologi untuk dosen Program Studi Pendidikan Fisika.
- Menyediakan sarana berbasis teknologi untuk mendukung perencanaan, proses, dan evaluasi pembelajaran di Program Studi Pendidikan Fisika
- Meningkatkan kerjasama dalam bidang pendidikan, bidang penelitian, bidang pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama dalam bidang pengembangan kelembagaan seperti sumber daya manusia, sarana/prasarana, publikasi, HKI, Paten, Teknologi pembelajaran dan lainnya dengan lembaga lain termasuk DUDI yang terkait dengan visi keilmuan PS.
- Meningkatkan program layanan dan pembinaan minat, bakat, penalaran, kesejahteraan, dan keprofesian mahasiswa.
- Meningkatkan monitoring terkait beban kerja dosen tetap program studi.
- Meningkatkan monitoring terhadap dosen pengampu mata kuliah terkait kegiatan proses belajar dan pembelajaran dalam perkuliahan baik semester gasal maupun genap.
- Meningkatkan monitoring terhadap proses bimbingan skripsi yang dilakukan dosen terhadap mahasiswa.
- Meningkatkan prestasi dosen tetap program studi di internal kampus maupun eksternal dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi.
- Meningkatkan monitoring terhadap integrasi hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat oleh dosen tetap program studi ke dalam proses pembelajaran.
- Meningkatkan partisipasi mahasiswa bimbingan magang kependidikan melalui monitoring terhadap frekuensi pertemuan.
- Meningkatkan kegiatan akademik di luar perkuliahan dengan memperkenalkan laboratorium eksternal yang relevan dengan kajian keilmuan program studi kepada mahasiswa.
- Meningkatkan kualitas keprodian dengan mengundang dosen tamu dan tenaga ahli yang relevan terutama di bidang teknologi dan wirausaha.
- Meningkatkan kepuasan mahasiswa terhadap layanan program studi.
- Meningkatkan monitoring terhadap aktivitas, relevansi, dan pelibatan mahasiswa dalam penelitian.
- Meningkatkan monitoring terhadap aktivitas, relevansi, dan pelibatan mahasiswa dalam pengabdian kepada masyarakat.
- Meningkatkan tingkat kepuasan pengguna lulusan.
- Meningkatkan target IPK lulusan minimal 3,25
- Meningkatkan publikasi karya ilmiah dalam jurnal dan seminar prosiding antara dosen tetap program studi dan atau mahasiswa.
- Meningkatkan monitoring terhadap karya ilmiah dosen tetap program studi dan mahasiswa yang disitasi.
- Meningkatkan kualitas produk atau jasa dosen tetap program studi yang diadopsi oleh masyarakat.
- Meningkatkan kualitas produk atau jasa dosen tetap dan mahasiswa yang ber- HKI atau paten.
2. Keunggulan Program Studi Pendidikan Fisika
Program Studi Pendidikan Fisika memiliki sejumlah keunggulan yang membuatnya menonjol sebagai pilihan pendidikan tinggi, terutama di era digital. Berikut adalah beberapa keunggulannya:
a. Unggulan dalam bidang pendidikan
- Aktif mengikuti kegiatan MBKM Kemdikbudristek, seperti: Kampus Mengajar, Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Magang Bersertifikasi, Studi Independen, dan Pejuang Muda (Kemensos).
- Memperoleh PKKM 2024
- Memperoleh Hibah Kurikulum Tahun 2023
b. Unggulan dalam bidang penelitian
Aktif mendapatkan hibah eksternal dari Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DPRTM) Kemdikbudristek dalam tiga tahun terakhir baik skema penelitian dosen pemula, penelitian kerjasama dalam negeri, (PKDN) penelitian fundamental reguler maupun program kolaborasi penelitian strategis (KATALIS)
c. Unggulan dalam bidang publikasi
Unggulan dalam bidang publikasi dapat terlihat melalui karya dosen di FITS yang telah aktif menulis di Jurnal terindeks Scopus bereputasi (top tier journal) seperti jurnal International Journal of Science Education dan Science & Education. Selain itu sebagian besar dosen juga telah mempublikasikan karya ilmiahnya di Jurnal yang terindeks Scopus lainnya, Sinta, Google Schoolar, dan Publon.
3. Prospek Karir Pendidikan Fisika
Profil lulusan Program Studi S1 Pendidikan fisika IPI Garut menghasilkan lulusan sebagai tenaga pendidik, pengembang media pembelajaran berbasis IT dan wirausaha yang memiliki daya saing dan berkontribusi terhadap masyarakat.
4. Sosial Media Instagram :
Facebook :
Website : https://fisika.institutpendidikan.ac.id/
5. CPL Program Studi Pendidikan Fisika
No | Unsur KKNI | Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) |
1 | Sikap dan Tata Nilai | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius ;Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara ;Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. |
2 | Keterampilan Umum | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, dan desain atau kritik seni.Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan |
No | Unsur KKNI | Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) |
mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. | ||
3 | Pengetahuan | Memahami konsep dasar kependidikan dan teori pembelajaran dalam merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran fisika yang inovatif dengan memanfaatkan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi), dan lingkungan sekitar.Memahami konsep dan prinsip pengelolaan laboratorium fisika dengan mengintegrasikan teknologi dan lingkungan.Menguasai matematika, komputasi, dan instrumentasi untuk mendukung pemahaman konsep fisika.Menguasai konsep fisika dan pola pikir keilmuan fisika berdasarkan fenomena alam yang mendukung pembelajaran Fisika di sekolah dan program pendidikan magister.Menguasai proses identifikasi masalah dan metode penelitian Pendidikan fisika yang sesuai sebagai alternatif pemecahan masalah, serta teknik penulisan karya tulis ilmiah. |
4 | Keterampilan Khusus | Merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran fisika yang inovatif dengan memanfaatkan TIK, dan lingkungan sekitar untuk mengembangkan kemampuan berfikir sesuai dengan karakteristik materi fisika, dan sikap ilmiah sesuai dengan karakteristik siswa.Memanfaatkan dan mengelola laboratorium fisika dalam menunjang pembelajaran fisika dengan mengintegrasikan teknologi dan lingkungan.mampu menerapkan model matematis dalam menjelaskan fenomena fisika dalam pembelajaran.Melakukan penelitian Pendidikan fisika sebagai bentuk pemecahan masalah dan menyajikannya dalam karya ilmiah. |